Monday, March 20, 2017

Program Tahunan (Prota)


Salam Pembaca,
Kali ini bertemu lagi dengan saya dalam pembahasan pengertian apa itu Program Tahunan (Prota). Di bawah ini akan saya rangkumkan pengertian/ definisi tentang Prota tersebut. Langsung saja disimak....

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai pedoman bagi pengembangan program-program selanjutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan

Program Tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester. Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, rang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 : 95).

Nah, kemudian di dalam Promes ini umumnya berisikan hal-hal sebagai berikut di bawah ini:
  1. Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
  2. Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi kapan pelaksanaan pembelajaran berlangsung
  3. Langkah menyusun Promes

Pada item nomer 3 tentang langkah menyusun Promes, ada beberapa langkah yang harus dikerjakan, apa sajakah itu? Mari disimak:
  1. Menginput/ memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Promes
  2. Menetapkan jumlah jam pada kolom minggu dan jumlah tatap muka perminggu untuk setiap mata pelajaran
  3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik pada kolom minggu dan bulan
  4. Membuat catatan/ keterangan untuk bagian-bagian yang memerlukan.

Fungsi Program Semester (Promes) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
  1. Menyederhanakan/ memudahkan tugas seorang guru dalam pembelajaran selama satu semester
  2. Sebagai pedoman/ acuan arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diprogramkan
  3. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran
  4. Sebagai pedoman kerja bagi guru sekaligus bagi murid
  5. Sebagai parameter efektivitas dalam suatu proses pembelajaran
  6. Sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
  7. Menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya karena berlangsungnya program kerja yang efektif dan efisien serta terukur.

Itulah Pengertian/ Definisi dari Program Tahunan secara singkat, semoga dapat menjadikan Anda paham mengenai Program Tahunan. Walaupun mungkin masih terdapat kekurangan.

Jika Anda perlu Format Program Tahunan, dapat Anda download di bawah ini:
NoJenis DokumenKeterangan
1Program TahunanUnduh Format

Jika berkenan tolong bagikan postingan ini ya, dengan klik tombol di bawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon