Monday, March 20, 2017

Rincian Minggu Efektif


Salam Pembaca
Apakah Anda telah mengenal dan memahami dengan yang namanya minggu efektif. Langsung saja Anda lihat di bawah ini

Minggu efektif adalah jumlah minggu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tiap semester berdasarkan kalender pendidikan. Setiap semester tentu minggu efektifnya selalu berubah-ubah disesuai dengan kalender tahun berjalan.

Cara menghitung minggu efektif sebenarnya sangat mudah, dalam setiap awal bulan yakni tanggal 1 akan jatuh pada hari yang berbeda. Jika dalam satu minggu tersebut memiliki 3 hari atau lebih hari efektif maka terhitung 1 minggu efektif. Sedangkan untuk minggu yang kurang dari 3 hari efektif maka tidak dihitung minggu efektif.

Minggu efektif bisa berkurang jumlahnya karena ada beberapa hal yang sudah terjadwal seperti UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), UKK (Ulangan Kenaikan Kelas), UN (Ujian Nasional), Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) dan lain sebagainya. Bisa juga berkurang karena adanya hari libur Nasional. Yang terpenting bisa dikatakan minggu efektif jika dalam satu minggu memiliki 3 hari atau lebih hari efektif dan semua itu dibuat dalam format rincian minggu efektif.

Itulah penjelasan singkat mengenai Rincian Minggu Efektif, Semoga menambah kepahaman Anda. Bagi Anda yang ingin melihat Rincian Minggu Efektif, Anda dapat meng-unduhnya di bawah ini:
Format Rincian Minggu Efektif

Tinggal diubah jumlah jam pelajaran dalam seminggunya disesuaikan dengan mata pelajaran yang diampu. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Follow Us:


EmoticonEmoticon