Wednesday, August 9, 2017

Cara Melakukan Generate atau Unduh Prefill Dapodik

loading...

Melakukan generate prefill merupakan salah satu bagian dari persiapan awal sebelum melakukan installasi Dapodik. Oleh karena itu, generate prefill sangat penting untuk digunakan dalam aplikasi Dapodik. Di dalam prefill dapodik sendiri berisi data sinkronisasi terakhir, jadi ketika Anda melakukan install ulang aplikas Dapodik terbaru atau ganti laptop, Anda tidak perlu melakukan input ulang data dapodik. Namun perlu diingat, prefill merupakan data sinkronisasi terakhir yang akan berdampak buruk jika Anda melakukan install ulang aplikasi Dapodik tetapi tidak melakukan sinkron data sebelum aplikasi di uninstall. Maka data yang sudah diinput di dalam aplikasi Dapodik akan hilang.

Jadi sebelum uninstall aplikasi Dapodik lakukan lah sinkron data sampai batas waktu yang ditentukan. Baiklah untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini.

Memulai Generate Prefill Dapodik

  1. Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
  2. Pilih menu Data Prefill.
  3. Pilih jenjang yang sesuai.
  4. Masukkan username, password, dan kode registrasi.


    Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill adalah yang terdaftar terakhir dan tersimpan di server Pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, lakukan konfirmasi dengan operator Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK).

    Dinas kabupaten/kota dapat membantu melakukan generate ulang prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SD, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun khusus dinas kabupaten/kota di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

  5. Baca juga : Cara Menginstall Aplikasi Dapodik

  6. Setelah berhasil memasukkan username, password, dan kode registrasi, klik “Generate”. Tunggu proses generate selesai.


  7. Setelah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil jendela seperti pada gambar.


  8. Klik “Download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.


Itulah sedikit cara melakukan generate atau unduh prefill Dapodik, jika ada pertanyaan mengenai seputar artikel silahkan bertanya melalui kolom komentar atau contact pada blog ini. Jika artikel ini bermanfaat silahkan klik tombol di bawah ini untuk share artikel.


EmoticonEmoticon