Tuesday, August 8, 2017

Persiapan Awal Installasi Aplikasi Dapodik

loading...

Sebelum melakukan installasi aplikasi Dapodik, sebaiknya melakukan persiapan awal terlebih dahulu, berikut persiapan awal untuk menginstall aplikasi Dapodik, agar tidak terkendala.

Persiapan Installasi


Pertama, Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi aplikasi Dapodik Versi 2018, petugas pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan akun Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.

Kedua, Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodik V. 2018 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2018, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh di address bar.
  2. Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodik Versi 2018 seperti di bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.



Baca Juga: Cara Menginstall Dapodik

Ketiga, Generate Prefill Aplikasi Dapodik
Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.

Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah pengguna berhasil login menggunakan username, password, dan kode registrasi Dapodik sekolah yang aktif.



Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate ulang prefill, baiknya pengguna mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum generate ulang prefill.

Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill:
  1. Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline.
  2. Generate prefill merupakan database hasil sinkronisasi ter akhir sekolah.
  3. Masukkan username, password yang lama dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik, Jika lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.
  4. Untuk sekolah baru, hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK- DATADIK) untuk mengaktivasikan username dan password.
  5. Saat registrasi di aplikasi, isi username dan password sesuai pada saat unduh prefill.
  6. Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet.
  7. Dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) dapat membantu melakukan generate prefill sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  8. Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa(lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
  9. Kode registrasi, username dan password dapat di-reset oleh admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) jika diperlukan (terjadi pergantian petugas pendataan).

Baca Juga: Cara Generate atau Unduh Prefill

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan Installasi aplikasi Dapodik. Untuk selengkapnya dalam memulai proses generate prefill silakan klik di sini.

Klik tombol share via Google, Fb, Tweet di bawah ini, jika artikel ini bermanfaat. Terimakasih, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon