Friday, March 3, 2017

Pengertian Surat

loading...



Didalam suatu Organisasi, Instansi, ataupun Perusahaan didalamnya tidak akan terlepas dengan proses/kegiatan surat menyurat. Namun anda belum paham apakah pengertian dari surat itu. Untuk itu sebelum anda membuat surat yang baik dan benar, tentu anda harus memahami dahulu pengertian dari surat dan proses yang efektif melalui surat.
Surat adalah suatu alat komunikasi untuk menyampaikan pernyataan atau informasi secara tertulis dari pihak satu kepada pihak lain, baik atas nama sendiri maupun atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi, instansi, ataupun perusahaan. Informasi-informasi ini dapat berupa pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, saran-saran, dan sebagainya.
Informasi yang dimuat dalam surat, ada yang tidak memerlukan balasan atau tanggapan dari si penerima surat, dan ada pula yang memerlukan balasan atau tanggapan dari si penerima surat. Kegiatan yang terakhir ini disebut surat menyurat atau korespondensi, yaitu suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan (komunikasi) secara terus menerus antara pihak yang satu dengan pihak lain dengan cara saling berkirim surat.

Agar komunikasi melalui surat lebih efektif dan dapat memperlancar proses komunikasi, sebaiknya kedua belah pihak memperhatikan tata cara penulisan atau pembuatan surat, yaitu:
  1. Isi surat harus jelas maksudnya,
  2. Gunakan bahasa yang baik, sopan dan benar,
  3. Tulis atau ketiklah surat dengan rapi, agar si penerima surat tertarik dan berkesan pada waktu membacanya,
  4. Sedapat mungkin hindari kesalahan,
  5. Usahakan menggunakan alat tulis menulis yang baik.

Bahasa surat adalah bahasa yang digunakan dalam menulis surat yang berintikan pokok-pokok pikiran si penulis surat yang maksudnya agar mendapat tanggapan positif dari si penerima surat. Bahasa surat yang tertera dalam surat memegang peranan penting dalam menentukan lancar tidaknya berkomunikasi. Karena itu bahasa surat merupakan kunci dalam keberhasilan berkomunikasi dan sekaligus sebagai alat komunikasi yang efektif.
Sehubungan dengan itu, perlu pula diperhatikan kepada siapa surat yang ditulis ini ditujukan. Apakah ia mengerti bahasa indonesia atau tidak? Seandainya ia mengerti bahasa Indonesia maka gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik. Begitu pula seandainya ia bukan orang Indonesia maka gunakanlah Bahasa Inggris dalam menulis surat. Karena Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Bagaimana mungkin komunikasi dapat terlaksana jika salah satu pihak tidak memahami bahasa yang digunakan dalam surat tersebut.


Jika ada pertanyaan terkait artikel dan konten pada Blog ini, anda dapat meninggalkan komentar atau bisa menghubungi saya melalui Contacts, akan saya balas pertanyaan anda segera mungkin. Terima kasih, Semoga bermanfaat.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon